Sejarah Perang islam di bulan Robi'ul akhir ( Silih Mulud)

Bulan Robi’ul Akhir adalah  salah satu nama bulan di tahun hijriyah yang bertepatan ke empat, Bulan Robi’ul Akhir juga sering dikenal dengan nama bulan silih mulud,karena posisi bulan ini yang bertepatan setelah bulan mulud ( Robi’ul awal ). di Bulan Robi’ul Akhir  ada  peristiwa sejarah yang di kenang oleh umat islam yaitu sejarah perang,dan terdapat  peristiwa sejarah islam lainnya, di antaranya yaitu ;

1. Diturunkannya surat al Hasyr pada Nabi Muhammad Saw 
Surah Al Hasy mengandung arti pengasingan, yang di tunjukan pada bani nadzir yang tinggal di sekitaran madinah dan memusuhi islam. Surah ini juga menjelaskan tentang perintah-perintah untuk takut kepada Allah SWT.


Surah ini juga di akhiri dengan Nama-nama Allah yang mulia diantaranya ; al Bari’, Al Mushowwir, Ar Rahman, Ar Rahim, Al Mutakabbir, Al Kholiq, al Malik, Al Quddus, As Salam, Al Mukmin, Al Muhaimin, al Jabbar.

2. Percobaan pembunuhan kepada Nabi Muhammad Saw
Percobaan penbunuhan ini di lakukan oleh bani Nadzir dengan menggunakan batu, sekaligus sebagai tanda penghianatan atas perjanjian bani Nadzir terhadap Nabi Muhammd Saw dan umat islam.

3. Sering terjadinya peperangan pada bulan Robi’ul Akhir
        Peperangan yang terjadi di bulan Robi’ul Akhir yang terhitung banyak, diantaranya :
  1. Perang Najran ( Pengusiran bani Nadzir )
  2. Perang Al Ghabah
  3. Perang Dzi Qarad
  4. Perang al Ghamar
  5. Pengepungan Damsyk ( Pada jaman pemerintahan Abu Bakar Ash Shidiq )
  6.     Perang Jamal ( antara pasukan Sayyidati Aisyah melawan pasukan Khalifah Ali bin Abi Tholib                                                                                                                                           

Demikian peristiwa Sejarah Islam yang terjadi di bulan Robi’ul Akhir. Dilihat peristiwa-peristiwa yang terjadi di bulan ini ialah banyak terjadiya peperangan di masa Nabi Muhammad Saw dan setelahnya dikarenakan penghianatan atas janji yang telah di sepakati bersama.