Keistimewaan Bulan Robiul Awwal ( Maulid Nabi Muhammad saw )

Bulan robi’ul awwal atau dikenal juga dengan bulan maulid/mulud memiliki banyak sekali keistimewaan dan keutamaan yang lebih diantara bulan-bulan lainnya dalam perhitungan tahun hijriah  ( kalender islam ). alasan di namai bulan maulid ialah karena di bulan ini terdapat sebuah kejadian yang sangat istimewa yaitu dimana bulan robi’ul awwal telah terjadi peristiwa lahirnya baginda Nabi Muhammad Solallohu alaihi wasallam.

Jadi apa saja yang menjadikan bulan Robi’ul awwal Istimewa? Mari kita simak apa saja yang membuat bulan Robi’ul awwal Istimewa bahkan lebih dari bulan-bulan hijriyah yang lainnya sebagai berikut ;

1. Kelahiran Nabi Muhammad Saw
Nabi Muhammad Saw di lahirkan pada hari Senin, 12 Robi’ul awwal, Tahun Gajah atau pada hari Senin, 10 April, tahun 571 M. Kenapa pada tahun hijriyah di sebutkan tahun Gajah? Karena tahun Hijriyah di mulai pada saat Nabi Muhammad Saw Hijrah dari Makkah ke Madinah, dan dinamakan tahun Gajah karena pada saat Nabi Muhammad lahir bersamaan dengan penyerangannya pasukan gajah yang di pimpin oleh Raja Abrohah dengan maksud ingin menghancurkan Ka’bah.



2. Wafatnya Nabi Muhammad Saw
Nabi Muhammad Saw wafat pada hari, tanggal, tahun yang sama yaitu pada hari Senin, 12 Robi’ul awwal, Tahun Gajah atau pada hari Senin, 10 April, tahun 571 M.

3. Disunnahkan Memperbanyak Shalawat
Memperbanyak baca shalawat kepada Rasulullah SAW.
Memiliki Banyak Berkah
Bulan Rabiul Awal juga menjadi bulan yang bisa dimanfaatkan untuk sarana sekaligus media berkumpul bersama dengan sesama umat Islam di masjid ataupun majelis majelis dan beberapa tempat lainnya. Ini bertujuan tidak lain tidak bukan adalah untuk menanam, memupuk dan lebih menumbuhkan rasa cinta atau mahabbah kita pada Rasulullah SAW.

4. Ungkapan Kecintaan Pada Rasulullah SAW
Rabiul Awal menjadi bulan mengungkapkan akan kecintaan dan kegembiraan dengan Rasulullah SAW. Bahkan, orang kafir sekalipun akan mendapatkan manfaat dengan kegembiraan tersebut.

5. Meneguhkan Kecintaan Pada Rasulullah SAW
Rabiul Awal juga menjadi bulan untuk mengembalikan keteguhan cinta pada Rasulullah SAW. Untuk seorang mukmin, kecintaan pada Nabi merupakan sebuah kewajiban dan salah satu cara meningkatkan iman dan taqwa. kecintaan pada Nabi haruslah berada di barisan atas melebihi segalanya bahkan pada keluarga dan diri sendiri.

6. Mendapatkan Rahmat Allah SWT
Memperoleh rahmat Allah yakni berupa taman surga dan juga dibangkitkan bersama sama dengan para orang yang masuk ke dalam golongan orang jujur, orang yang mati syahid dan juga orang sholeh.

7. Memuliakan dan Membesarkan Rasulullah SAW
Bulan Rabi’ul Awal menjadi hari kelahiran Rasulullah SAW dan menjadi hari kebesaran Islam sehingga memiliki arti keindahan tersendiri. Dalam riwayat Qatadah Al Ansari, Nabi ditanya mengenai puasa hari Senin dan Rasulullah SAW bersabda, “Itulah hari yang dilahirkan aku padanya dan diturunkan kenabian keatas ku.” [ Riwayat Muslim dan lainnya].

8. Melakukan Amal kebaikan
Bulan Rabi’ul Awal juga menjadi bulan untuk melakukan banyak amal kebaikan seperti yang sudah dilakukan Abu Lahab dengan memerdekakan Suwaibah. Beberapa amal kebaikan yang bisa dilakukan untuk memuliakan hari kelahiran Rasulullah SAW adalah membaca Al Quran, bershalawat, meuji Nabi, memperbanyak sedekah dalam Islam, menjamu makanan untuk orang lain, berbuat banyak kebaikan pada fakir miskin dan banyak lagi yang lainnya.

9. Dibangkitkan Pada Hari Kiamat
Jika pada Rabi’ul Awal seseorang mengumpulkan banyak sanak saudaranya untuk menghormati hari kelahiran Rasulullah SAW, maka janji Allah SWT adalah akan membangkitkan di saat hari kiamat dalam Islam kelak.

Alahamdulilah artikel yang menerangkat keistimewaan bualan maulud sudah selesai semoga bermanfaat bagi yang membacanya  dan ada dalam ridho alloh subhana wata,ala amin ......