Cara Pelaksanaan Sholat Istikhoroh Dan Do'a Istikharah Jodoh

Sholat Istikhoroh (Arab: صلاة_الاستخارة ) sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah oleh mereka yang berada di antara beberapa pilihan dan merasa ragu untuk memilih atau kapan harus memutuskan sesuatu. Spektrum masalah dalam hal ini tidak terbatas. Seseorang dapat berdoa istikharah untuk menentukan di mana ia mengajar, siapa yang lebih cocok untuk menjadi jodohnya atau perusahaan mana yang lebih baik baginya untuk memilih. Setelah sholat istikharah, dengan seizin Allah, pelaku akan diberikan tekad untuk memilih.

Istikhoroh

Adapun tatacara sholat istikhoroh sama dengan shalat lainnya namun bedanya sholat istikharah itu sesudah kita melaksanakan sholat harus membaca do'a dan langsung tidur jangan sedikitpun berbicara dan in syaa allah ketika kita tidur akan bermimpi dan mimpi kita harus di ta'bir karena dalam bermimpi bukan mimpi yang kita inginkan tapi mimpi kita sebagai gambaran.



Mungkin bagi yang tidak tau sama sekali terhadap sholat istikhoroh kita bisa temui para alim ulama meminta untuk melaksanakan sholat istikharah kalau kita bisa laksanakan oleh kita, apa kita bermimpi baik ibarat pohon yang indah berarti baik hasilnya dan apa bila bermimpi jelek ibarat  di makan ular itu buruk/tidak baik hasilnya.

Jangan lupa niat shalat istikharoh harus lillahita'ala semata-mata perkara yang kita cari mengharap ridhonya Allah SWT, sesudah kita melaksanakan sholat istikharah baca do'a yang di anjurkan oleh para alim ulama dan sesudah berdoa langsung tidur. Adaapun Niat dan do'anya sebagai berikut,

Niat Sholat Istikhoroh

Niat Sholat Istikhoroh

Do'a Sholat Istikhoroh

Sebelum membaca doa sholat istikharah, sangat disarankan untuk berdzikir terlebih dahulu yaitu dengan beristighfar memohon ampunan kepada Allah dan membaca solawat Nabi serta baca'an tasbih dan tahmid. Setelah selesai berdzikir, langsung dilanjutkan dengan membaca do'a sholat istikharah. Adapun baca'an dari do'a shalat istikharah ialah ;
اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ
“Allahuma inni istakhiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa asaluka mingqadhlikal ‘adhimi fainnaka taqdiru wa la aqdiru wa ta’lamu wa la a’lamu wa anta ‘alamulghuyub. Allahumma inkunta ta’lamu anna hadzal amra khairul li fi dini wa ma’asyi wa ‘aqibati amri faaqdurhu li wa yassiruhu li, w ain kunta ta’lamu an hadzal amra syarrul li fi dini ma’asyi wa ‘aqibati amri fashriftu ‘anni washrifni ‘anhu waqdur lil khaira haitsu kana tsumma fardhu bihi.”
Arti dari doa ini adalah: “Ya Allah saya memohon agar Allah memilihkan yang baik menurutNya dan saya memohon Allah memberikan kepastian dengan ketentuan Mu dan saya memohon dengan kemurahan Allah yang amat besar dan agung karena sesungguhnya hanya Allah yang maha berkuasa sedangkan saya tidak mengetahui dan hanya Allah lah yang sangat mengetahui semua sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, jika Allah mengetahui persoalan ini baik untuk saya, dalam agama saya dan dalam kehidupan saya dan baik juga akibatnya bagi saja maka berikanlah kepada saya dan mudahkanlah untuk saya. Jika Allah mengetahui bahwa ini tidak baik untuk saya, bagi agama saya dan kehidupan saya, serta tidak baik akibatnya untuk saya maka jauhkanlah dari saya. Berilah kebaikan di mana saja saya berada dan jadikanlah saya orang yang rela dan ikhlas menerima anugerah Mu.”


Alhamdulilah ringkasan materi sholat istikharoh sudah selesai semoga ada manfa'atnya khusus bagi yang menulisnya umumnya bagi kita yang membacanya
Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatuh.

Sumber : Niatbacaan.com