Doa Berbuka Puasa Ramadhan Bukan Sebelum Makan Tetapi sesudah Makan

Puasa ramadhan adalah puasa yang di khususukan bagi umat rosullulah saw. Hukum puasa ramadhan adalah fardhu aen ( Diwajibkan bagi setiap orang ) bagi yang kuat dan bukan yang musapir ( Dalam perjalanan yang jauh). Kalau ada hukum wajib beraarti perkara yang mengikuti Romadhan hukumnya sunnat semisal berdoa, berdzikir, bersedekah membaca al Qur'an dan amalan lainnya. Dengan waktu waktu yang di tentukan. Baca juga : Do'a solat terawih

Puasa Adalah  menahan diri dari makan minum, bersetubuh, dan menjauhi yang di larang yang membatalkan berpuasa. Mulai dari  terbit fajar sidiq samapai terbenam matahari, jika matahari sudah mulai terbenam maka boleh berbuka dan sesudah berbuka kita harus membaca do'a berbuka agar lebih berkah.
adapum bacaan doa berbuka puasa  di bawah ini,

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

 Artinya :
Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

     

Adapun adab adaban berdoa bukan sebelum makan namun sesudah makan, karena kita melihat dalam artinya, " ya aloh aku berpuasa " berarti sesudah berbuka berdoanya,namun sebelum berbuka kita sunnatnya membaca basmalah,kita melihat keterangan setiap perkara yang bagus harus di awali dengan membaca basmallah kalau kita tidak membaca basmalah di sepertikan binatang yang tidak mempunyai ekor, berpenyakitan, yang di maksudnya itu sedikit keberkahan-nya.