Niat Puasa sunnah Senin Kamis Lengkap

Niat Puasa Senin Kamis Dan Niat Puasa Syawal  Seperti yang sudah biasa umumnyah manusia muslim mengerti puasa sunnah yang sering di laksanakan oleh rosul dalam satu minggu yaitu dua hari, yaitu puasa senin dan kamis, banyak sekali manpaatnyah, hikmahnyah dan doanyah. karena orang yang melaksanakan puasa pada hari kamis dan senin dapat pahala yang besa.

apabila kita bisa istikomah melaksanakan puasa pada hari senin dan kamis hikmahnyah bakal dapat di di dunia dan akherat.kalau kita sudah terbiasa rutin melaksanakan puasa senin dan kamis, maka puasa syawal pun akan terbiasa,dan ketika kita lupa bisa di kodonyah di hari yang lain karena sudah terbiasanyah puasa sunnat.

mungkin bagi temen-temen yang belum pernah melaksanakan puasa senin dan kamis tapi pingin melaksanakan, mudah asal kita udah merasa yakin dalam hati kita pingin berpuasa, yang berat itu puasa syawal karena banyak godaannyah. kalau kita udah di awali satu kali ingsaaloh bakal rutindan merasakan paidahnyah. 
tempatnyah niat itu di dalam hati' kalau di ucapkannyah niat itu hukumnyah sunnah, reprensi tentang masalah niat terdapat dalam kitab <Raudhah at Tholibin>  yaitu :

لا يصح الصوم إلا بالنية ومحلها القلب ولا يشترط النطق بلا خلاف

“Tidak sah puasa kecuali dengan niat, dan tempatnya adalah hati. Dan tidak disyaratkan harus diucapkan, tanpa ada perselisihan ulama…” (Raudhah at-Thalibin, 1:268)

Dalam I’anatut Thalibin –salah satu buku rujukan bagi syafiiyah di Indonesia–, Imam Abu Bakr ad-Dimyathi As-Syafii juga menegaskan :

أن النية في القلب لا باللفظ، فتكلف اللفظ أمر لا يحتاج إليه

“Sesungguhnya niat itu di hati bukan dengan diucapkan. Memaksakan diri dengan mengucapkan niat, termasuk perbuatan yang tidak butuh dilakukan.” (I’anatut Thalibin, 1:65).


Lapad niat puasa hari senin  yaitu :



نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

  Artinya :
  Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.
Lapad Niat Puasa Hari Kamis yaitu :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

  Artinya :
  Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

kita sebagai umat  rosulullah solalohu alaihi wasalam harus mengikuti tingkah rosul yang di namakan sunnah, kalau kita ibaratkan sunnah itu  bagaikan makan lauk pauknyah kalau pardiah(kewajiban) bagaikan makanan pokonyah , kalau kita pingin hidup sempurna  kita bersama melaksanakan sunnah rosulullah solalahu alaihi wasalam

Niat Puasa Syawal
Puasa sunnah itu ada puasa yang di laksanakan pada bulan  sywal yaitu puasa dari tanggal dua sampai tanggal tujuh syawal , ada sebagian ulama  keunggulan puasa di bulan sywal yaitu satu kali puasa sama dengan sepuluh hari puasa, kita tinggal di kalikan enam kali sepuluh jumlahnyah enampuluh, begitu besar pahalanyah dan begitu besar pula godaannyah pula .

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'ANSITTATIN MIN SYAWAALI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

  Artinya :
  Saya niat berpuasa sunnah enam haru bulan Syawal karena Allah

Alhamdulilah pebahasan niat puasa senin kamis dan niat puasa syawal udah selesai, walaupun singkat, semuga bermangpaat bagi saya dan bagi umumnyah yang membaca dari kami di cukupkan sekian wasalmmualaikum warohmatulohi wabarokatuh.