Doa Niat Sebelum Dan Sesudah Wudhu Lengkap Dengan Sunnahnya

Niat Berwudhu adalalah merupakan salah satu kewajiban dalam melaksanakan wudhu, pada saat wudhu ada doa sebelum dan sesudah wudhu. Mungkin sebagian sudah paham tentang bacaan wudhu dan doa wudhu  namun dalam doa wudhu semua tidak ada yang wajib tapi ada yang di sunnatkan seperti doa sesudah wudhu. 

Wudhu hukumnya wajib bagi yang hendak melaksanakan sholat karena wudhu itu termasuk kepada syarat sahnya sholat. Menurut kaidah usul fiqih yaitu "MALAYATIMUL WUJUB ILLA PAHUA  BIL WAJIB" artinya "Tidak akan diterima sholatnya kalau wudhunya tidak benar".

Gambar Wudhu


Dan kita ketahui tentang masalah penerapan dalam niat wudhu, membaca bacaannya dengan mentalapudkan niat oleh lisan hukumnya sunnah dan tempatnya itu dalam hati ketika sa'at membasuh muka oleh air, maka di situ dalam hati kita  mengungkapkan niat. dan bila anda bertanya kenapa di sebagian tempat/wilayah tidak mentalapudkan niat dalam lisan? kalau dalil reprensinya bagi kita yang suka menlapadkan niat maka dalam kitab fiqih  itu di bahasakan " LITAAWANUHU ALKOLBA " artinya karena menolongnya  bacaan lisan terhadap hati.

Adapun sunah-sunah wudhu di antaranya

  • Membaca bismillah

Karena selain madhab imam safi'i basmalah itu termasuk rukun wudhu, Kesunnahan membaca bismillah ini sebenarnya terletak pada setiap akan melaksanakan pekerjaan pekerjaan ibadah atau hal-hal baik lainnya.
  • Niat sunnah wudhu

Niat ini kita laksanakan pada saat awal memakai siwak, niatnya semisal "saya niat melaksanakan sunnah wudhu". sebagaimana yang diterangkan didalam beberapa kitab kitab fiqih ahlussunnah waljamaah.
  • Memakai siwak ( kayu aroq)

Memakai kayu siwak atau benda-benda lainnya yang memiliki tekstur kasar semisal sikat gigi, ujung kain dari baju bukan jari manusia yang kasar. dasar kesunnahannya juga sama seperti dasar kesunnahan membaca bismillah disetiap akan melaksanakan ibadah.
  • Kumur

Berkumur seperti biasanya hingga menyentuh pangkal tenggorokan dan diulangi sampai 3 kali.
  • Intinsyak

Yaitu memasukkan/menghirup air ke hidung
  • Membasuh tangan

Yaitu menyela nyelai jari-jari tangan dan membasuh tangan sampai pergelangan.
  • Tastlis

 Mengulang 3 kali setiap basuhan wajib dan sunnah wudhu.
  • Melebihkan basuhan

Melebihkan basuhan untuk kedua tangan dan kaki sampai diatas batas wajib membasuh.
  • Mengusap keseluruhan rambut

Mengusap keseluruhan rambut disunnahkan bagi yang memiliki rambut pendek
  • Membasuh telinga

Yaitu mengusap bagian luar dan dalam telinga
  • Mengusap tengkuk

Disunnahkan membasuh tengkuk ini menurut pendapat dari al imam Ghozali.
  • Ad-dalk

Yaitu menggosok setiap anggota wudhu yang dibasuh. tetapi menurut madhab imam Maliki hukumnya adalah wajib, dan menurut madhab imam Syafi'i hukumnya adalah sunnah.
  • Tayammun

Mendahulukan setiap bagian yang kanan dalam anggota wudhu yang wajib maupun sunnah.
  • Membaca doa

Yaitu membaca doa yang diriwayatkan didalam kitab BIDAYATUL HIDAYAH karangan imam Ghozali di setiap membasuh atau mengusap anggota wudhu. Jika tidak hafal maka berdoa kebaikan bagi anggota tubuh yang diusap/dibasuh dan tempat berdoanya didalam hati.
  • Membaca doa setelah wudhu

Membaca doa setelah wudhu sambil menghadap kiblat dan menengadahkan tangan sampai terlihat  ketiak sambil membaca do'a dibawah ini.


اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهٗ وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهٗ وَرَسُوْلُهٗ، سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ اشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّاَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ.اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنَيْ مِنَ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu an laa ilaaha illallaau wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh. subhanakallahumma wabihamdika asyhaduallailahailla anta astagfirukawaatubuilaik. Allaahummaj’alnii minat-tawwaabiin, waj’alnii minal mutathahhiriin, waj’alnii min ‘ibaadikash-shaalihiin.

Artinya :

"Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang Tunggal, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hambamu yang shaleh."

Sesudah selesai wudhu sunnat melaksanakan SHOLAT SUKRUL WUDHU adapun niatnyah 
Usolli sunatan sukrul wudhu sunatan lilahitaala. Alhamdulilah walaupun sedikit pengertiaya Niat wudhu semoga bermanfa'at bagi yang membaca dan bagi kami yang menulisnya wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh


Sumber : Niat Bacaan